Upgrading Pembina Pramuka SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto: Menjadi pembina pramuka siaga dan penggalang yang handal

 


SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto menggelar kegiatan Upgrading Pembina Pramuka Siaga dan Penggalang pada Sabtu tanggal 7 Januari 2023.  Bertempat di Ruang Kelas 4 A dan Halaman Gedung 03 SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto, kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Kwarran Purwokerto Timur, Ka Mabigus dan 24 pembina pramuka baik siaga maupun penggalang. 

Dimulai pukul 11.00 WIB kegiatan Upgrading Pembina Pramuka Siaga dan Penggalang Pangkalan SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto dibuka oleh Kak Emi Harjati selaku Ketua Kwarran Purwokerto Timur. Setelah agenda pembukaan, kegiatan rehat sebentar untuk istirahat, sholat dan makan siang. Tepat pukul 13.00 kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi upgrading oleh Kak Joko dari Pusdiklat Kwarcab Banyumas. Materi dasar yang disampaikan diawali dari bagaimana mengelola perindukan siaga dan penggalang yaitu saat upacara pembukaan latihan perindukan dan penutupan serta upacara pelantikan kenaikan tingkat. Kegiatan ini merupakan perpaduan antara teori dan praktik sehingga para pembina bisa langsung memahami secara langsung. 

Kak Basuki selaku Ka Mabigus SD Al Irsyad Al Islamiyyah 02 Purwokerto menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para pembina, memotivasi dan mengembangkan skill, melatih disiplin, tanggung jawab dan percaya diri serta meningkatkan kebersamaan dan kekompakan dalam membina pangkalan. Kegiatan ini juga bermaksud untuk memberikan pengetahuan, keterampilan praktis dan pengalaman kepramukaan dalam mewujudkan Syarat-syarat Kecakapan Pramuka Siaga dan Penggalang.

"Selain itu, upgrading pembina juga dapat melatih dan memberikan pengalaman kecakapan hidup dalam kegiatan kepramukaan agar dapat menjadi para pembina pramuka yang berkualitas" kata Kak Basuki dalam Sambutannya.

Comments

Popular Posts